Pages

19 Januari, 2015

Macam-Macam Penyakit Tumor

Menurut wikipedia.org penyakit Tumor atau barah (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". 

Macam-macam penyakit tumor antara lain :
  • Tumor Jinak. Tumor adalah pertumbuhan abnormal yang terjadi pada suatu jaringan tubuh. Secara umum, bibit tumor tercetus ketika ada semacam masalah dalam pertumbuhan dan pergantian sel di dalam tubuh. Memang tidak mudah mengukur bagaimana tumor dapat timbul di dalam tubuh kita. Setiap hari sel mengalami regenerasi, sel baru diproduksi untuk menggantikan sel lain yang telah tidak berfungsi dengan baik. Sel yang rusak secara otomatis diganti dan disingkirkan dari tubuh karena berpotensi menimbulkan penyakit. Jika keseimbangan jumlah antara sel baru dan yang mati terganggu, kemungkinan besar tumor akan terjadi. Hal ini mengakibatkan sistem imunitas tubuh akan terganggu. Yang tergolong tumor jinak antara lain mioma, kista, hemangioma, angioma, tumor mulut, tumor kulit dll.
  • Tumor Ganas. Tumor ganas merupakan salah satu penyakit yang paling di takutin oleh semua orang. Berdasarkan hasil penelitian, penyakit tumor ada dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Penyakit tumor jinak ini pertumbuhannya tidak cepat. Berbeda dengan tumor ganas yang sangat cepat menyebar dan mengancam nyawa penderitanya. Munculnya penyakit tumor berawal dari tidak normalnya pertumbuhan sel pada jaringan atau organ dalam tubuh. Ketidak normalan itu menyebabkan berbagai masalah yang berakibat buruk pada tubuh kita.
  • Tumor Rahim. Tumor rahim adalah merupakan tumor jinak yang menyerang dinding rahim yang muncul pada wanita dimasa reproduksi. Tumor rahim biasanya tumbuh dari satu sel otot kecil yang kemudian terus berkembang. Penyakit tumor ini terjadi karena adanya gangguan fungsi saraf yang disebabkan oleh gangguan hormon estrogen serta emosi yang tidak seimbang, Sehingga menyebabkan kesalahan bentuk otot di dalam rahim. Penyakit tumor rahim ini seringkali tumbuh membesar sampai keluar mulut rahim dan beratnya pun bervariasi mulai dari beberapa gram saja, namun bisa juga mencapai 5 kilogram atau lebih.
  • Tumor Ginjal. Penyakit tumor ginjal adalah penyakit tumor yang menyerang saluran kencing dan merupakan penyakit terbanyak ketiga setelah tumor prostat dan tumor kandung kencing. Penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya sel-sel baru yang akan menggantikan sel-sel tua yang sudah mati. Namun ketika terjadi kekacauan yang dimana sel-sel tua tidak mati sedangkan sel-sel baru terus tumbuh, maka sel-sel baru tersebut tidak dibutuhkan sehingga terjadilah penumpukan sel dan terbentuklah penyakit tumor. Seiring dengan meluasnya penggunaan ultrasonografi (USG) di poliklinik rawat jalan mempermudah deteksi dini kasus-kasus tumor ginjal.
  • Tumor Paru-Paru. Tumor paru-paru adalah penyakit yang menyerang bagian jaringan paru-paru karena adanya pertumbuhan sel tumor yang tidak normal atau tidak terkendali. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat mematikan dan dapat menjangkiti pria maupun wanita. Pada awalnya tumor paru paru tidak menimbulkan gejala. Ketika si gejala itu muncul, mungkin tumor paru-paru tersebut sudah bertahap lanjut.
  • Tumor Jantung. Tumor jantung adalah penyakit tumor yang menyerang bagian jantung karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal baik yang bersifat ganas ataupun jinak. Secara umum tumor jantung terbagi menjadi dua yaitu tumor jantung primer dan sekunder. Tumor jantung primer adalah tumor yang berasal dari jantung dan dapat menyerang bagian jantung mana saja, tetapi itu jarang sekali terjadi. Sedangkan tumor jantung sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian luar jantung seperti paru-paru, payudara, darah dan kulit yang menyebar ke jantung penderita dan selalu berupa keganasan. Tumor jantung sekunder 30-40 kali sering ditemukan
  • Tumor Rahang. Penyakit tumor rahang adalah penyakit yang ditandai adanya benjolan pada rahang yang disebabkan oleh adanya pembentukan gigi baik pada rongga atas maupun rongga bawah. Tumor rahang juga termasuk tumor jinak yang mempunyai sifat infiltratif dan ekspansif. Sehingga perlu diobati secara intensif agar bisa sembuh secara total. Penyakit tumor rahang ini selain menimbulkan rasa sakit juga dapat merubah bentuk wajah pada sipenderitanya yang dapat menyebabkan gangguan psikologis yaitu rasa malu. Secara umum penyakit tumor rahang tidak menimbulkan gejala awal. Oleh karena itu sipenderita akan menyadari bahwa dirinya terserang penyakit tumor rahang secara tidak kebetulan.
  • Tumor Rongga Mulut. Penyakit Tumor Ganas Rongga Mulut merupakan salah satu Penyakit yang menginvasi jaringan sekitar rongga mulut berkembang sampai daerah endotel serta dapat bermetastasis kebagian dalam tubuh lainnya. Pada Tumor Ganas Rongga Mulut ini tumbuh sangat cepat sehingga deteksi secara dini dan pencegahan sangat penting sekali supaya tumor yang ada pada rongga mulut tidak semakin parah, sehingga anda harus berhati-hati terhadap lesi yang menetap dan tumbuh selama dua minggu ataupun lebih. Karena kebanyakan dari pada penderita tidak mengetahui sebab akibat timbulnya lesi tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa Tumor ganas rongga mulut dapat berasal dari jaringan epitel ataupun jaringan ikat.
  • Tumor Hati. Tumor hati adalah penyakit yang menakutkan dan berbahaya sekali dan harus segera diobati. Tumor hati dibagi menjadi dua yaitu tumor hati jinak dan tumor hati ganas. Tumor hati ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada daerah hati yang dapat mengganggu kinerja dari fungsi hati. Pada kasus si penderita akan merasa keluhan setelah beberapa waktu dan kemudian mengalami penyakit kuning, aneroksia dan kelelahan serta nyeri pada bagian perut.
  • Tumor Tulang. Tumor Tulang adalah suatu pertumbuhan sel-sel yang abnormal di dalam tulang yang sifatnya jinak. Tumor tulang bermacam-macam seperti osteosarkoma, chondrosarkoma, sarkoma Ewing dan sarkoma lainnya. Hingga kini penyebab kanker tulang belum dapat diketahui secara pasti, akan tetapi dokter telah meyakini bahwa kanker tulang ini disebabkan oleh adanya kesalahan pada sel DNA. Kesalahan ini menyebabkan tulang tumbuh dengan tidak terkendali. Akumulasi dari mutasi sel ini membentuk tumor yang dapat menyerang tulang di dekatnya atau menyebar ke area lain di dalam tubuh.
  • Tumor Otak. Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Dikarenakan otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, organ lainnya dapat terganggu, sehingga kematian dapat terjadi. Tumor otak bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang orang usia produktif.
  • Tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Namun pada kasus tumor otak jinak, saat mereka tumbuh, mereka dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya, yang dapat berakibat pada kelumpuhan ataupun fatal. Karena itu, dokter lebih suka menggunakan istilah “tumor otak” daripada “kanker otak.” Saat ini ilmu kedokteran telah berkembang pesat, teknik diagnostik dan pengobatan telah memberikan harapan hidup bagi para pasien tumor otak.
  • Tumor Laring. Penyakit Tumor Ganas Laring yaitu tumor yang menyerang di manfaat THT. Tumor ganas ini semakin banyak menyerang pria di banding wanita. Pemicu tumor ganas laring ini belum di ketahui pasti namun sebagian aspek mempunyai kaitan dengan tumor ganas ini seperti perokok, alkohol atau radiasi di leher. Tumor laring ini dikarenakan oleh mutasi dalam DNA sel. Suatu penimbunan mutasi diperlukan untuk tumor bisa nampak. Mutasi yang mengaktifkan onkogen atau menghimpit gen penahan tumor bisa pada akhirnya mengakibatkan tumor. Sel mempunyai mekanisme yang melakukan perbaikan DNA serta mekanisme yang lain yang mengakibatkan sel untuk menghancurkan dianya lewat apoptosis bil DNA rusak terlampau kronis. Mutasi yang menahan gen untuk mekanisme ini bisa pula mengakibatkan kanker. Suatu mutasi dalam satu oncogen atau satu gen penahan tumor umumnya kurang mengakibatkan terjadinya tumor.Laring atau organ suara yaitu susunan epitel kartilago yang menghubungkan laring serta trakea. Manfaat utama laring yaitu untuk sangat mungkin terjadinya vokalisasi. Laring juga membuat perlindungan jalan nafas bawah dari obstruksi benda asing serta mempermudah batuk.
  • Tumor Parotis. Tumor parotis adalah tumor yang menyerang kelenjar liur parotis. Dari tiap lima tumor kelenjar liur, empat terlokalisasi di glandula parotis, satu berasal dari kelenjar liur kecil atau submandibularis dan 30 % adalah maligna. Kelenjar parotismerupakan kelenjar liur utama yang terbesar dan menempati ruangan di depan prosesus mastoid dan liang telinga luar. Keganasan pada kelenjar liur sebagian besar asimtomatik, tumbuhnya lambat, dan berbentuk massa soliter. Rasa sakit didapatkan hanya 10-29% pasien dengan keganasan pada kelenjar parotisnya. Rasa nyeri yang bersifat episodik mengindikasikan adanya peradangan atau obstruksi daripada akibat dari keganasan itu sendiri.
  • Tumor Usus. Tumor usus adalah suatu bentuk keganasan yang terjadi pada bagian usus. Tumor usus besar menyebabkan 655.000 kematin di seluruh dunia setiap tahunnya. Banyak tumor usus yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat kontipasi yang terlalu lama. Perkembangan polip tersebut kadang-kadang berkembang menjadi kanker. Terapi untuk kanker ini biasanya melalui operasi dan biasanya diikuti dengan kemoterapi.
  • Tumor Saluran Empedu. Tumor saluran empedu merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena terjadinya penyumbatan di saluran empedu yang dapat beresiko terkena kanker empedu / kanker pankreas. Selain batu empedu, tumor juga penyakit yang sangat sering ditemukan pada saluran empedu. Saluran empedu sendiri merupakan suatu pipa yang mengangkut empedu ( suatu cairan yang membantu tubuh dalam memecahkan dan menyerap lemak ) dari kandung empedu ke usus halus. Sel – sel tumor atau kanker biasanya tumbuh melapisi sehingga menyebabkan adenokarsinoma.
  • Tumor Lambung. Tumor lambung adalah salah satu jenis tumor yang bersarang di lambung,bagian vital dari pencernaan manusia .Jenis penyakit ini dipicu karena adanya radang lambung.Dan salah satu penyebab tumor lambung  yaitu bakteri Helycobacter pylory, keberadaan Bakteri ini di dalam lambung belum diketahui pasti. Beberapa yang menjadi faktor pemicu terkena tumor lambung:pola makan yang tidak sehat,kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran,gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok,dan minum alkohol.
  • Tumor Jinak Payudara. Tumor payudara adalah benjolan pada payudara yang terbentuk akibat sel-sel payudara yang membelah dan menggandakan diri terlalu cepat. Tumor payudara dapat bersifat jinak dan ganas. Tumor jinak payudara tidak menyebar ke jaringan sekitar maupun ke organ tubuh lain. Tumor ganas payudara dapat menyebar ke jaringan sekitar maupun ke organ tubuh lain. Tumor ganas payudara inilah yang disebut tumor payudara.


Itulah beberapa macam-macam penyakit tumor yang harus anda waspadai. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat..

Artikel lainnya boleh juga dibaca :

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk artikelnya, informasi yang bermanfaat.

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-batu-empedu/

    BalasHapus

Translate